Home / News / Keyboard Bertenaga Surya Tren Perangkat Komputer Masa Depan

Keyboard Bertenaga Surya Tren Perangkat Komputer Masa Depan

Tren perangkat elektronik ramah lingkungan terlihat semakin jelas. Setelah berbagai produk elektronik menggunakan sel surya sebagai sumber energinya, kini gilirankeyboard komputer yang memasang sel-sel surya kecil tersebut untuk menyuplai listrik ke dalam baterai di dalamnya.

Logitech, perusahaan berbasis di Fremont, California, Amerika Serikat yang memproduksi perlengkapan komputer seperti mouse, keyboard, speaker dan remote control, belum lama ini memperkenalkan produkkeyboard dengan tipe K750 yang mengandalkan sepenuhnya pada energi surya. Sepertinya Logitech tidak ingin setengah-setengah dalam mendesain produk barunya tersebut. Agar terkesan lebih ramah lingkungan, Logitech menggunakan bahan plastik yang sepenuhnya bisa didaur ulang.

Logitch_K750Pada beberapa produk keyboard sebelumnya, Logitech sudah mendesainnya sebagai perangkat nirkabel. Dengan cara ini saja Logitech sudah mengurangi pemakaian kabel komunikasi antarakeyboard dengan komputer. Desain yang sama juga diterapkan padakeyboard terbarunya tersebut.

Panel surya kecil yang ditempatkan di bagian atas keyboard seharga 80 US dolar tersebut sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengisi ulang baterai di dalamnya. Sebuah luxmeter untuk mendeteksi intensitas cahaya yang ada juga menyertai keyboard. Cukup menggunakan cahaya lampu keyboard sudah bisa mengisi ulang, tetapi tentunya akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika dipaparkan sinar matahari.

AUOptronics_keyboardInovasi Logitech ternyata bukan satu-satunya. Tidak lama setelah Logitech mengumumkan produk keyboard barunya tersebut, sebuah perusahaan bernama AU Optronics meluncurkan produk keyboardnya sendiri yang juga menggunakan energi surya sebagai sumber dayanya. AU Optronis yang berdiri sejak tahun 1996 tersebut sudah berpengalaman dalam desain, pengembangan, pabrikasi dan perakitan panel thin film transistor liquid crystal display (TFT-LCD).

Tidak jauh berbeda dari K750, keyboard AU Optronics juga bisa mengisi ulang baterainya dengan cahaya lampu di sekitarnya. Perbedaan terbesarnya adalah sel surya yang digunakan. Logitech menggunakan sel surya solid dan dipasang hanya pada bagian tertentu dari keyboard, sedangkan AU Optronics menggunakan sel surya berbentuk lembaran setebal 2,1 milimeter yang sensitif terhadap sentuhan dan berfungsi sebagai keyboard itu sendiri. AU Optronics sendiri mendesain keyboardtersebut untuk laptop

About myadmin

Check Also

Lampu hemat energi untuk reklame, advertising dengan pencahayaan yang bagus

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti SPAM Mohon di isi