Home / News / Korea rancang baterai mobil listrik yang terisi penuh dalam hitungan enit

Korea rancang baterai mobil listrik yang terisi penuh dalam hitungan enit

Saat Indonesia baru merencanakan produksi massal mobil listriknya, Korsel beberapa langkah lebih maju dengan mendesain sebuah baterai khusus mobil listrik yang bisa diisi ulang dalam hitungan beberapa menit saja. Ini menjadi penemuan yang berguna mengingat besarnya daya yang harus dibutuhkan untuk mengisi ulang mobil listrik sangat besar, durasinya pun juga lama . Akan tetapi ilmuwan Korsel berhasil memecahkan masalah ini dengan menghemat waktu pengisian ulang.

Seperti diketahui, baterai lithium ion dalam mobil listrik seperti Ford Focus dan honda Fit EV membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa diisi ulang  dan ini menjadi faktor penyebab orang tak mau memakai mobil listrik.

Baterai baru ini dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan Korsel dari  Ulsan National Institute of Science and Technology. Semua penelitian baterai jenis baru ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Sains dan Teknologi Korsel.

 Baterai ini menggunakan jenis yang sama dari material nanopartikel yang pertama dipasang dalam larutan yang mengandung grafit. Larutan itu kemudian dicampur karbon untuk membentuk jaringan konduktor yang padat di semua elektroda baterai yang membuat partikel pengikat energi baterai baru mulai mengisi daya secara bersamaan. (*AP)

About myadmin

Check Also

Lampu hemat energi untuk reklame, advertising dengan pencahayaan yang bagus

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti SPAM Mohon di isi