Home / News / Lampu PJU kota malang mulai gunakan solar cell

Lampu PJU kota malang mulai gunakan solar cell

Malang (beritajatim.com) – Dalam rangka untuk penghematan energi, Kota Malang mulai menggunakan lampu solar cell atau lampu tenaga matahari pada Penerangan Jalan Umum (PJU).

Sebagai tahap awal, penerapan solar cell sebagai pengganti lampu konvensional dilakukan di sekitar jalan Veteran Kota Malang.

Slamet Husnan, Kabid Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang mengatakan, tahun ini lampu solar cell yang dipasangan masih delapan titik dengan anggara Rp 195 juta dari APBD 2012. Anggaran untuk satu tiang lampu mencapai Rp 20 juta. “Penggunakan PJU Solare Cell sudah kita terapkan satu bulan terakhir,” ujar Slamet, Sabtu (15/12/2012).

Nyalam lampu solar cell ini, lanjut Slamet, memiliki kekuatan 150 watt untuk masing-masing lampu. Dengan mekanisme penyimpanan tenaga matahari dilakukan saat siang.Panas matahari tersebut disimpan dalam baterai yang memiliki daya simpan 60 ampere, dan baru digunakan saat jam nyalam lampu. “Lampu ini kita nyalakan mulai pukul 17.30 WIB sampai dengan 05.00 WIB,” tuturnya.

Meski demikian, Slamet masih belum bisa menyebutkan efisiensi biaya yang dikeluarkan setelah berpindah dari PJU lampu konvensional ke PJU solar cell. “Kami belum menghitung penghematannya berapa, yang jelas lebih hemat energi dan ramah lingkungan,” imbuh Slamet.

Slamet menambahkan, tahun 2013 mendatang ada 50 titil PJU di Kota Malang yang menggunakan solar cell. Tak hanya di Jalan Veteran njuga di titik lainnya seperti Jalan Ijen. “Kita suah ajukan anggaran untuk menuntaskan target 50 titik tahun depan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DKP Kota Malang, Wasto mengatakan, penggunaan PJU solar cell ini selain dalam rangka penghematan energi, juga sebagai salah satu persyaratan dalam penilaian Piala Adipura. “Beberapa daerah lain di Jawa Timur seperti Tulungagung sudah mulai menggunakan PJU solar cell, itulah yang coba kami terapkan di Kota Malang,” kata Wasto.[num/ted]

Produk terkait :

1. Promo lampu PJU tenaga surya hanya 10 jt (sudah termasuk tiang oktagonal)

About myadmin

Check Also

Lampu hemat energi untuk reklame, advertising dengan pencahayaan yang bagus

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti SPAM Mohon di isi