Home / News / Nokero Luncurkan Produk Lampu LED Bagi Masyarakat Miskin Negara Berkembang

Nokero Luncurkan Produk Lampu LED Bagi Masyarakat Miskin Negara Berkembang

Di berbagai negara berkembang masih didapatkan masyarakat yang untuk mendapatkan sebuah penerangan harus membakar minyak tanah setiap harinya. Sebuah laporan yang dipersiapkan untuk United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCC) dan dibicarakan dalam pertemuan Clean Development Mechanism (CDM) Executive Board menyebutkan bahwa seperempat dari seluruh manusia di planet ini melepaskan 200 juta ton CO2 setiap tahun karena menggunakan penerangan tersebut. CDM sendiri saat ini mengharapkan masukan dari publik terhadap rencananya untuk menggantikan penerangan tradisional tersebut dengan lampu LED.

Selama diskusi tersebut terus berkembang, sebuah perusahaan, Nokero telah melakukan terobosan dengan membuat lampu penerangan yang ditujukan bagi negara berkembang dan wilayah yang terkena bencana alam.

Nokero, yang sebenarnya merupakan kependekan dari ”No kerosine” alias tanpa minyak tanah, menggunakan lampu LED sebagai sumber cahaya pada produknya, Nokero N100. Lima buah LED yang digunakan perusahaan berbasis di Hong Kong termasuk LED dengan intensitas cahaya yang tinggi.

Nokero N100 sendiri menggunakan empat buah panel surya kecil yang menempel pada rumah lampu. Sebuah baterai isi ulang berjenis NiMH (nickel metal hydride) disertakan dalam N100, yang menurut perusahaan tersebut bisa digunakan minimal selama 2 tahun. Karena ditujukan sebagai lampu penerangan bagi wilayah bencana alam, maka N100 yang berukuran sama dengan lampu pijar juga didesain untuk tahan terhadap cuaca pada pemakaian outdoor, termasuk anti air.

Stephen Katsaros, penemu N100 menuturkan bahwa lampu tersebut masih sangat relevan dengan kondisi masyarakat di negara-negara berkembang dengan berbagai keuntungan seperti mengurangi polusi dalam ruangan, membantu siswa sekolah untuk belajar di malam hari, menurunkan emisi karbon serta dalam jangka panjang bisa mengurangi biaya bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan lampu tradisional.

About myadmin

Check Also

Lampu hemat energi untuk reklame, advertising dengan pencahayaan yang bagus

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti SPAM Mohon di isi