Home / News / Penggunaan plts tenaga surya untuk solusi listrik

Penggunaan plts tenaga surya untuk solusi listrik

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id– Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Nunukan Abdul Azis Muhammadiyah memastikan, tahun depan seluruh kecamatan di Kabupaten Nunukan sudah terjangkau listrik.

Di Kabupaten Nunukan dari 15 kecamatan masih ada sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Krayan Selatan, Kecamatan Sebuku dan Kecamatan Lumbis Ogong yang belum tersentuh listrik dari pemerintah.

Azis mengatakan, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2012, masyarakat di Kecamatan Krayan mendapatkan bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) secara komunal dengan daya sebesar 17 kilowatt (KW).

“Ini bisa menjangkau hingga 117 rumah,” ujarnya, Rabu (7/12/2011).

Kecamatan Krayan Selatan dan Kecamatan Lumbis serta Kecamatan Lumbis Ogong juga mendapatkan bantuan PLTS komunal yang dananya berasal dari APBN.

“Ada juga PLTS tersebar dari APBN untuk Kecamatan Sebuku dan Kecamatan Sembakung,” katanya.

Melalui APBD Kabupaten Nunukan tahun 2012, Pemkab Nunukan juga mengalokasikan anggaran pengadaan PLTS komunal dengan daya sebesar
10 KW bagi warga di Kecamatan Lumbis Ogong.

“Ada juga untuk Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan serta Lumbis dari dana APBD II,” ujarnya.

Khusus di Kecamatan Krayan Selatan, Pemkab Nunukan melalui APBD II juga mengalokasikan anggaran pengadaan solar cell untuk Kantor Kecamatan Krayan Selatan. Hal itu untuk mendukung kelancaran program kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

“Kalau menggunakan solar dia tidak mampu, pengadaan bahan bakarnya juga susah. Jadi kita tanggulangi dengan mengadakan solar cell minimal 5-10 KW untuk bisa online. Nanti di Kecamatan Krayan dan Lumbis Ogong juga kita adakan solar cell,” ujarnya.

About myadmin

Check Also

Lampu hemat energi untuk reklame, advertising dengan pencahayaan yang bagus

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti SPAM Mohon di isi